Casting Ikan Gabus Pada Malam Hari ? Kenapa Tidak !

Tips maning casting Ikan gabus malam hari
Ikan Gabus


Mancing Arena – Barangkali teman-teman ada yang bertanya, apakah casting ikan gabus pada malam hari bisa dilakukan ?. 

Sebenarnya pertanyaan berikut ini tidaklah salah namun belum tepat saja.

Pertanyaan yang tepat untuk hal tersebut adalah, apakah efektif melakukan casting ikan Gabus pada malam hari ?. Untuk jawabannya sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti.
 
Namun satu hal yang jelas adalah untuk melakukan casting pada malam hari cocok untuk target nocturnal. Hewan-hewan nocturnal cenderung untuk mencari mangsa pada malam hari. Namun apakah itu berarti untuk hewan non nocturnal tidak akan efektif ? ya tentu saja tidak. Terdapat kemungkinanan juga untuk bisa dipancing. 

Nah dalam artikel ini kita akan berbagi pengalaman casting ikan Gabus pada malam hari.
Beberapa teman-teman pemancing tentu saja ada yang berbagi teknik casting ikan Gabus pada malam hari. Biasanya mereka melakukan beberapa trik yang memang jarang dilakukan pada umumnya.
 
Berikut ini tips dan trik untuk melakukan teknik casting ikan Gabus pada malam hari :


Tentukan spot yang tepat


Spot yang tepat akan membuat anda menjadi lebih nyaman saat melakukan casting. Biasanya spot untuk casting di malam hari bebas dari segala hambatan casting. Misalnya spot danau yang terbuka, kolam, sungai yang bebas dari ranting dan pepohonan. 

Jadi hindari casting di malam hari pada spot-spot yang memiliki hambatan banyak. Misalnya saja seperti rawa-rawa sempit yang dipenuhi tumbuh-tumbuhan. 

Teknik casting memerlukan akurasi dan lemparan. Tentu saja hal ini tidak dapat diterapkan menyeluruh pada saat casting dilakukan di malam hari terleibih tanpa penerangan sedikitpun.

Jadi sekali lagi pastikan bahwa spot yang dituju bebas dari hambatan apapun untuk melakukan casting.


Tentukan waktu yang tepat

Untuk waktu bisa bervariasi karena sifatnya malam jadi bisa dimulai dari jam 19.00 hingga selesai. 

Pada waktu dinihari pagi misalnya saja jam 04.00 meski tidak bisa dikatakan malam hari, namun kondisi masih belum terbit matahari. Biasanya pada jam-jam berikut akan sangat efekti untuk melakukan casting ikan gabus.

Pada jam tersebut biasanya keadaan masih cukup tenang dan waktunya ikan Gabus mencari mangsa. Namun perlu diingat meski masih gelap bukan berarti di malam hari.

Tentukan penggunaan Lure atau umpan yang tepat


Berbicara mengenai casting, sudah pasti umpan yang digunakan adalah umpan buatan (lure). Jadi sangat disarankan menggunakan umpan yang tidak terbuka pada bagian kailnya. Misalnya seperti soft frog, soft lure, dan lain sebagainya. 

Beberapa pemancing bahkan menggunakan lure soft frog yang memiliki bobot sedikit berat. Hal ini dilakukan agar lure pada saat ditarik akan menyelam dibawah  permukaan air. 

Trik ini dilakukan karena ikan yang tidak muncul ke permukaan akan melahap lure didalam air. 
Oleh karena itu lakukan modifikasi pada soft frog agar dapat menyelam dibawah permukaan air. 

Trik lainnya adalah lakukan gulungan dengan putaran yang sangat lamban. 

Hal ini diperlukan agar soft frog terlihat lebih natural dibawah permukaan.
Selanjutnya jika merasa ada sambaran, beri jeda beberapa detik bisa dimulai dari 3 detik dan jangan terlalu lama. Setelah itu baru hentakkan dengan joran. 

Sama seperti casting di siang hari, jika dirasa pada satu titik lemparan tidak terdapat sambaran, maka coba bergeser ke titik lainnya.

Penentuan titik lemparan bisa ditargetkan misalnya di pinggir spot, di pinggir gundukan rumput hingga pinggiran batu.

Nah sekarang anda bisa mencoba beberapa tips dan trik diatas. Lakukan eksperimen terus menerus untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba.

Jika teman-teman ingin berbagi tips dan trik mancing lainnya bisa kontak kami melalui facebook, twitter atau langsung ke email. 




Posting Komentar untuk "Casting Ikan Gabus Pada Malam Hari ? Kenapa Tidak !"