Tips Dan Trik Mancing Dengan Teknik Dropshot

Tips dan Trik memancing dengan teknik dropshot
Rangkaian Teknik Dropshot


Mancing Arena - Teknik mancing dropshot merupakan teknik mancing yang menggunakan rangkaian pemberat pada bagian paling bawah dari senar lalu diatasnya dikaitkan kail pancing. Rangkaian dropshot didesain sedemikian rupa agar umpan yang digunakan dapat bergerak bebas layaknya umpan hidup. 

Teknik mancing dropshot sangat populer di wilayah Eropa dan Amerika. Teknik ini mereka gunakan untuk memancing ikan-ikan yang lebh senang bermain dalam kedalaman air. 

Pada saat rangkaian di jatuhkan ke dalam air maka timah pemberat yang dirangkai pada bagian paling bawah akan jatuh terlebih dahulu, lalu kemudian disusul oleh rangkaian umpan. 

Dengan demikian umpan yang berada diatas rangkaian timah yang diberi jarak sekitar 15-20 cm akan bergerak bebas didalam air. 

Rangkaian dropshot sangat efektif digunakan pada spot dengan kondisi perairan yang terus bergerak, misalnya seperti di pinggir laut yang berbatu, pantai, sungai dan spot-spot lainnya yang berarus. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik pada saat melakukan teknik dropshot, maka perlu diperhatikan beberapa faktor yang berpengaruh dengan teknik ini. 

Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa teman-teman praktekkan dalam menggunakan teknik mancing dropshot : 

Peralatan Mancing Teknik Dropshot

Reel 


Reel yang digunakan untuk teknik dropshot bervariasi. Teman-teman bisa menyesuaikan spot yang dituju. Oleh karena itu kenali dulu spot yang dituju sebelum menggunakan teknik dropshot. 

Biasanya pemancing pasiran yang membutuhkan gulungan senar yang sangat panjang menggunakan reel Surf casting dengan ukuran mulai dari 5000-8000. Untuk anda yang hanya memancing dari pinggiran seperti pinggiran pantai yang berbatu hingga pinggiran sungai berarus anda bisa menggunakan reel dengan ukuran 1000-2500. 

Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan alat pancing (tackle balance) yang anda gunakan.

Joran


Joran yang digunakan umumnya merujuk pada spot, reel, senar dan umpan yang digunakan. Jika teman-teman memilih spot yang dangkal dan target ikan-ikan kecil maka cukup menggunakan joran dengan spesifikasi senar 8 lbs dengan karakter UL hingga 15 Lbs dengan karakter Medium light. Begitu juga dengan panjang joran dapat disesuaikan dengan karakter spot yang dituju.

Umumnya penggunaan rangkaian dropshot dengan teknik mancing pasiran, maka pemancing akan menggunakan joran dengan panjang 3-5 meter dengan karakter Medium hingga Hard. 

Jadi sebaiknya sesuaikan dengan peralatan lainnya seperti reel, senar dan umpan. 
Selain itu sesuaikan juga target ikan yang akan dipancing.

Senar


Rangkaian terbaik dari teknik dropshot adalah menggunakan senar multifilament atau yang sering kita sebut dengan PE. Teman-teman bisa menggunakan PE dengan ukuran sedang dan besar tergantung dari reel dan joran yang kita gunakan tentunya. Senar PE efektif untuk rangkaian dropshot karena diamter kecil namun kuat. 

Selain itu jangan lupa untuk menggunakan Leader pada bagian rangkaian dropshot. Hal yang paling berpengaruh terletak pada rangkaian leader hingga ujung dari leader yang dikaitkan ke sebuah timah pemberat. 

Leader dengan kualitas terbaik akan menjadikan teknik dropshot lebih efektif. Hal ini dikarenakan pergerakan dari umpan yang kita gunakan akan lebih terlihat natural didalam air.

Selain PE anda juga bisa menggunakan senar monofilament atau senar nilon. Gunakan senar nilon yang memiliki diameter kecil namun samar didalam air. 

Penggunaan senar secara umum tentu harus disesuaikan dengan ukuran reel dan joran. Jadi dapat dikatakan bahwa keseimbangan peralatan yang digunakan dapat memudahkan anda saat memancing.

Untuk panjang leadernya sendiri teman-teman bisa menyesuaikan spot. Namun pada umumnya direkomendasikan ukuran leader sepanjang 15 cm-20 cm.

Kail


Umumnya kail yang digunakan pada rangkaian dropshot adalah jenis worm hook. Selain bisa juga digunakan jenis kail biasa. Untuk penggunaan kail dapat disesuaikan dengan umpan yang digunakan. Ukuran kail bisa dimulai dari #2 #1 hingga 1/0. 

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua umpan yang digunakan tepat dengan ukuran tersebut. 

Oleh karena itu sesuaikan kail dengan umpan yang akan digunakan. 

Umpan


Penggunaan umpan bisa bervariasi tergantung dari spot dan target tangkapan anda. 

Umumnya penggunaan rangkaian dropshot ditujukan dengan menggunakan soft plastic lure atau umpan tiruan dari bahan karet yang memiliki tekstur kenyal. Soft plastic yang digunakan biasanya mirip dengan cacing, ikan-ikan kecil hingga hewan-hewan kecil yang habitatnya didalam air. 

Adapun ukuran soft plastic yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran kail.

Selain umpan tiruan anda juga bisa menggunakan umpan hidup seperti cacing, ikan-ikan laut ukuran kecil hingga ikan air tawar yang berukuran kecil.

Umumnya pemancing pasiran menggunakan rangkaian dropshot dengan menggunakan umpan hidup. Ikan-ikan air tawar yang berukuran kecil seperti anakan ikan gabus dan ikan belut adalah umpan andalan yang sering digunakan.

Timah Pemberat


Untuk timah pemberat dapat dimulai dari berat 7 gram untuk umpan-umpan kecil hingga 25 gram untuk ukuran umpan-umpan yang besar. Tidak ada aturan baku untuk berat timah, namun hal terpenting yang wajib diperhatikan adalah efektifitas gerakan umpan pada saat berada didalam air. 

Nah berat umpan tentu harus lebih ringan dibandingkan timah pemberat. Hal ini bertujuan agar umpan bergerak natural layaknya hewan asli. 

Jadi pastikan yang bergerak adalah umpan dan bukan timah pemberat.


Model Rangkaian Dropshot


Teman-teman bisa menggunakan beberapa varian teknik dropshot pada saat merangkai umpan dengan kail. 

Ada 3 rangkaian umum yang digunakan seperti Nose hooked (menusuk kail kedalam lure lewat sisi depan dari umpan yang menyerupai hidung), Texas Rigged (soft lure dengan menggunakan wormhook ditambah dnegan pemberat diatasnya) dan Wacky rigged (menusuk kail terhadap bagian tengah dari umpan, misalnya cacig yang ditusuk dari bagian tengah badan).

Nah itulah beberapa tips dan trik yang bisa teman-teman praktekkan dengan teknik dropshot. Perlu diperhatikan bahwa peralatan yang digunakan utamakan sesuai dengan sepesifikasi yang tercantum. 

Pada dasarnya tidak ada aturan baku yang membatasi kreatifitas teman-teman saat menggunakan teknik dropshot. Namun yang terpenting adalah penggunaan yang sesuai dengan spot, teknik dan target yang ingin didapatkan.

Demikianlah tips dan trik memancing dengan teknik dropshot. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di mancing arena. 



Posting Komentar untuk "Tips Dan Trik Mancing Dengan Teknik Dropshot"