Cara Casting Ikan Gabus Dengan Menggunakan Soft Frog Agar Tidak Mudah Mocel

Cara Casting Ikan Gabus Pakai Soft Frog


Mancing Arena- Ikan Gabus masih menjadi primadona untuk target ikan air tawar bagi para peminat teknik casting. Di kota-kota besar, target ikan untuk dipancing dengan teknik casting bisa dikatakan tidak mudah ditemukan dibanding di wilayah-wilayah di luar kota-kota besar. Hal ini disebabkan faktor pembangunan yang cukup pesat. 

Berbanding terbalik dengan daerah-daerah di luar kota, penyebaran spot ikan Gabus dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan beberapa peminat casting mencoba untuk mengalihkan target ke spesies predator lainnya. 

Namun jangan salah, justru di wilayah-wilayah perkotaan, ikan Gabus merupakan target yang paling menarik untuk dicasting. Hal ini dikarenakan tarikan serta sensasi saat ikan gabus menyambar lure, membuat adrenalin semakin bertambah. Terlebih rasa penasaran terhadap seberapa besarkah ikan yang menyambar lure. 

Diantara sekian banyak jenis lure yang digunakan, biasanya lure untuk casting ikan gabus umumnya menggunakan lure jenis top water seperti soft frog, jumpfrog, mini slash bait, pencil bait, popper, hingga mini buzzbait dengan modifikasi propeller. 

Namun diantara beberapa lure yang telah disebutkan diatas, Soft frog adalah salah satu umpan artificial yang sering digunakan peminat casting Gabus (castinger).

Soft frog merupakan lure yang dapat digunakan dalam berbagai keadaan spot. Soft frog bisa digunakan pada spot dengan permukaan bersih, setengah bersih, spot dengan karakter tumbuhan air hingga spot yang ditutup dengan lapisan tumbuhan air seperti mata lele. 

Menariknya lagi menggunakan soft frog untuk casting ikan Gabus memiliki sensasi yang berbeda dibandingkan menggunakan lure top water lainnya. Sensasi yang dirasakan adalah pada saat ikan menyambar dan joran disentak. 

Nah pada momen ini seringkali castinger terbuai dengan sambaran sehingga langsung melakukan sentakan. Hal ini biasanya mengakibatkan seringnya ikan lepas dan kail tidak tertancap dengan baik di mulut ikan. 

Hal seperti ini tidak hanya sering dirasakan oleh pemula, namun juga bisa dirasakan oleh beberapa castinger yang sudah berpengalaman. 

Berkaitan dengan hal tersebut, kami mencoba untuk mengulas dan memberikan tips sesuai dengan pengalaman yang sudah dirasakan. Tips dan trik ini bisa jadi beberapa castinger sudah mempraktekkannya. 

Cara Casting Ikan Gabus Pakai Soft Frog
Soft Frog


Berikut beberapa tips untuk menghindari mocel saat menggunakan soft frog :

  • Upayakan menggunakan soft frog dengan bahan berkualitas tinggi. Kualitas bahan utama yaitu lateks akan sangat mempengaruhi tekstur dari soft frog. Jika bahan terlalu keras, maka kail akan sulit menancap dengan baik di mulut ikan. Saat ini khususnya di Indonesia telah tersedia begitu banyak soft frog dengan kualitas tinggi baik offline maupun online. 
  • Pastikan kail yang digunakan pada soft frog memilki point tajam. Biasanya seiring pemakaian, bagian mata kail akan tumpul karena berbagai hal. Oleh karena itu ketajaman mata kail akan mempermudah kail untuk menancap di  bagian mulut ikan.
  • Pastikan kail yang digunakan pada soft frog memiliki bahan yang berkualitas dan tebal. Sehingga kail tidak mudah patah pada saat ikan menyambar.
  • Gunakanlah soft frog yang memiliki ruang besar antara kail dan bagian atas soft frog agar tancapan kail menjadi lebih baik.
  • Hindari perasaan terburu-buru saat ikan menyambar soft frog.
  • Untuk meningkatkan rasio hook up, cobalah untuk memberi jeda hingga beberapa detik setelah ikan menyambar. 
  • Setelah memberi jeda kurang lebih sekitar 3 detik, cobalah untuk menggulung reel secara perlahan.
  • Pada saat anda menggulung secara perlahan dan merasakan tarikan, maka segera sentak ujung joran anda dengan tenaga yang disesuaikan.
  • Tidak perlu menyentak joran terlalu kencang bahkan terkesan over. Hal ini justru bisa merugikan anda. Bisa saja ujung joran akan patah hingga senar utama putus. Alhasil hal tersebut akan mengakibatkan badmood bagi anda. 
  • Perilaku ikan Gabus biasanya akan sangat kuat pada perlawanan awal, namun setelah anda berhasil menariknya, perlahan perlawanan tersebut akan hilang. Oleh karena itu pada saat menarik ikan gerakkan bagian top joran anda sedikit keatas agar ikan tidak kembali menyelam ke dalam air.
  • Jika anda rasa trik diatas tetap tidak memberi efek, maka bisa dicoba trik sedikit nyeleneh. Namun trik ini  hanya cocok digunakan di permukaan air yang bersih dan bebas hambatan. Trik tersebut adalah dengan mengkaitkan single hook pada bagian blade. Anda bisa menggunakan single hook dengan ukuran kecil. 
  • Seringlah melatih insting pada saat ikan menyambar soft frog. Hal ini untuk membiasakan diri agar tidak terburu-buru untuk menyentak ikan pada sambaran awal. 

Demikianlah beberapa tips untuk menghindari mocel pada saat casting ikan Gabus dengan soft frog. Beberapa tips diatas merupakan bagian dari pengalaman kami sendiri. Jika anda memiliki pengalaman, tips dan trik lainnya silahkan berkomentar dibawah atau bisa berbagi pengalaman anda di sosial media kami. 

Nantikan artikel menarik lainnya hanya di mancing arena.


Posting Komentar untuk "Cara Casting Ikan Gabus Dengan Menggunakan Soft Frog Agar Tidak Mudah Mocel"