Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Dan Ikan Hias Air Laut Yang Ada Di Indonesia

Mengenal jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Dan Ikan Hias Air Laut Yang Ada Di Indonesia
Ikan Koi



Ikan hias adalah jenis ikan yang dipelihara, dibudidayakan maupun dipasarkan karena keindahan serta karkateristiknya yang eksotis. Ikan hias tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk memperindah suatu objek baik yang berada didalam ruangan maupun di luar ruangan. Umumnya ikan hias memiliki dua jenis habitat yaitu, ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara detail mengenai ikan hias yang ada di Indonesia.

Sebagai informasi bahwa ikan hias dapat menjadi alternatif hiburan ditengah-tengah kesibukan anda. Hal ini dikarenakan ikan hias dapat dipelihara didalam Aquarium, kolam, hingga wadah dengan tujuan hiasan dan pajangan. 

Seiring perkembangan zaman, banyak penjual baik offline maupun online yang menyediakan berbagai peralatan dalam menunjang hobi anda untuk memelihara ikan hias. Alasan mengapa banyak orang tertarik atau hobi memelihara ikan hias adalah karena umumnya ikan hias memiliki bentuk, warna dan karakter yang mempesona. Sehingga banyak orang tertarik untuk memperjual-belikan, hanya sekedar memelihara, hingga bertujuan untuk edukasi.

Berbicara tentang Ikan hias air tawar, di Indonesia sendiri telah menjadi salah satu daya tarik bagi para kolektor hingga para pedagang ikan hias. Kita dapat menemukan penjual ikan-ikan hias air tawar baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan di Indonesia. 

Artikel ini akan menjelaskan kepada anda beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia, mengenai ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. 

Apa jenis ikan hias air tawar asli indonesia yang menjadi primadona pasar ?

Berbicara mengenai ikan hias asli Indonesia, terdapat setidaknya 400 jenis ikan hias air tawar asli Indonesia. Adapun jenis ikan hias air tawar asli Indonesia yang menjadi primadona adalah Ikan arwana, Botia, Ikan Ringau (Tiger Fish), Ikan Cupang, Sepat Mutiara, Red Rainbow, Balashark Dan lain sebagainya. 

Menurut data kementrian Perikanan dan Kelautan, ikan Arwana Merah merupakan jenis ikan yang paling banyak di ekspor ke luar negeri seperti China, Taiwan hingga Singapura. Selain Arwana, Ikan Botia juga menjadi jenis ikan yang paling banyak diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Belanda hingga Kanada. 

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Laut Terpopuler Di Indonesia

Layaknya ikan hias air tawar, ikan hias air laut dewasa ini menjadi populer di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya peredaran ikan-ikan hias air laut di toko-toko offline maupun online. 

Ciri khas dari warna serta bentuknya yang unik dan indah menjadikan ikan hias air laut menjadi primadona baru di kalangan pecinta ikan hias. Beberapa jenis ikan hias air laut yang banyak beredar di Indonesia diantaranya adalah Clown Fish, Lion Fish, Butterfly Fish, Dottyback, Neon Tetra, Yellow Tang, dsb. Beberapa jenis yang telah disebutkan tersebut merupakan jenis-jenis yang sering beredar di pasaran. Bahkan beberapa penjual sudah mulai membudidayakan beberapa jenis ikan hias air laut tersebut. 

Mengapa ikan hias termasuk jenis ikan yang tidak dapat dikonsumsi ?

Alasan utama mengapa ikan hias tidak dapat dikonsumsi adalah karena peruntukannya yang bertujuan untuk dinikmati keindahan serta karakternya. Tujuan dari budidaya ikan hias sangat jelas yaitu sebagai objek hiasan dan pajangan baik didalam maupun diluar ruangan. 

Tentu saja sebaliknya ikan konsumsi dibudidayakan untuk tujuan konsumsi. Sehingga manfaat yang diambil berupa dagingnya yang memiliki protein tinggi.

Nah, sampai disini bisa dipahami ya. Umumnya ikan hias tidak dapat dikonsumsi bisa dikarenakan kandungan zat-zat berbahaya dalam tubuhnya atau bisa saja faktor lainnya. Misalnya saja ikan Gabus hias, sah saja jika anda mengkonsumsinya, namun harganya tentu tidak sebanding dengan ikan Gabus konsumsi. Contoh lainnya adalah ikan Maskoki yang tidak cocok untuk dikonsumsi karena banyaknya jeroan serta kotoran dalam tubuhnya. 

Dua contoh diatas tentu dapat disimpulkan bahwa tidak tepat untuk menjadikan ikan hias sebagai ikan konsumsi, selain karena peruntukannya yang berbeda, pada kasus tertentu ikan hias bisa saja mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. 

Apa yang menyebabkan pangsa pasar ikan hias air tawar lebih tinggi daripada ikan hias air laut ?

Ikan hias air tawar memiliki pangsa pasar yang lebih tinggi dibandingkan ikan hias air laut karena kemudahan mendapatkannya serta harga yang relatif lebih murah dibandingkan ikan hias air laut. 

Ikan hias air tawar lebih mudah untuk dibudidayakan dibandingkan dengan ikan hias air laut yang membutuhkan tambahan-tambahan lainnya yang menunjang habitat ikan hias air laut. Selain itu biaya untuk membudidayakan ikan hias air tawar relatif lebih murah dan dapat dijangkau oleh pelaku-pelaku usaha ikan hias

Selain itu ikan hias air tawar sangat mudah ditemukan di toko-tok penjual ikan hias pada umumnya dibandingan dengan ikan hias air laut yang tersedia hanya pada toko-toko tertentu saja. 

Perbedaan Media Untuk Ikan Konsumsi Dan Ikan Hias

Baik ikan hias maupun ikan konsumsi memiliki media yang berbeda untuk dapat membudidayakannya. 

Ikan konsumsi diharuskan untuk dibudidayakan dan dikembangkan di tempat yang lebih luas dan terbuka dengan kedalaman tertentu. Hal ini diperlukan agar ikan konsumsi mendapatkan oksigen yang lebih baik khususnya kolam dengan jumlah ikan yang sangat banyak. Selain itu, tempat yang luas diperlukan agar ikan tidak menjadi stress dan berkembang dengan baik. 

Sedangkan ikan hias dapat dibudidayakan dalam media yang sangat felksibel. Anda bisa membudidayakannya didalam kolam dan Aquarium dengan ukuran tertentu. Selain itu anda juga dapat menambahkan dengan aksesoris penunjang seperti tumbuh-tumbuhan, filter air hingga mesin oksigen. 

Budidaya ikan hias memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis ikan tersebut. Jika anda berniat untuk membudidayakan ikan hias, maka sebaiknya perhatikan pakan, air, dan media ikan hias. 

Selanjutnya, ikan hias, khususnya air tawar, dapat dikelompokkan kedalam beberapa karakteristik seperti, ikan hias air tawar terindah, ikan hias air tawar predator, ikan hias air tawar Aquarium, Dan lain sebagainya. 

Demikianlah artikel mengenai ikan-ikan hias air tawar dan ikan hias air laut yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan edukasi bagi teman-teman yang memiliki hobi untuk membudidayakan ikan hias. Ikuti terus artikel, ulasan dan tips-tips menarik lainnya hanya di mancingarena.


Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Dan Ikan Hias Air Laut Yang Ada Di Indonesia"