Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bagian Penting Pada Joran

Sabtu, 28 Maret 2015

Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bagian Penting Pada Joran


Advertisement

Mancingarena.com - Pada gambar di bawah yang kami ambil dari salah satu seller online terpercaya, kita akan menemukan beberapa istilah yang mungkin masih asing dimata para pemancing khususnya bagi yang pemula. Padahal perlu diketahui bahwa setiap istilah yang ditulis oleh seller online akan menjadi tolak ukur kita sebelum membeli peralatan pancing terutama bagi anda yang ingin membeli online. Jangan sampai anda salah perhitungan seperti Lenght pada joran dengan kode misalkan 662 MH yang berarti panjang joran kurang lebih sekitar 198 cm dengan action Medium keatas. Tentu anda akan salah memesannya jika yang anda inginkan joran dengan panjang 180 cm ML namun karena anda tidak mengerti kode tersebut sehingga langsung memesan 662 MH. 
Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bagian Penting Pada Joran
Spesifikasi Joran oleh Elder Fishing

Pada artikel ini kami akan mencoba untuk menjawab seputar istilah-istilah yang membingungkan anda tersebut. Tentu jika anda memilih untuk membeli pealatan mancing anda secara online, maka istilah-istilah ini bisa jadi referensi bagi anda dalam menentukan pilihan anda sesuai karakter yang anda sukai. Hampir sama dengan toko online, di toko offline pada umumnya anda juga akan sering menemukan istilah-istilah yang mungkin masih jarang anda dengar pada saat membeli joran. Namun letak perbedaannya jika pada toko Offline anda dapat bertanya sepuasnya kepada penjual. Namun tidak salah jika anda meluangkan waktu untuk memahami istilah dan kode-kode pada joran yang suatu saat akan berguna. 

Kita mengambil contoh diatas yang merupakan salah satu brand joran yaitu joran Sasame jigging weapon. Istilah seperti ini akan sering anda temukan juga pada brand lainnya. Baiklah langsung saja ke pembahasan.

1. Istilah Lenght  5,6

Jika para pemancing mendapati joran yang tidak menyertakan ukuran berdasarkan Centimeter atau Meter pada kasus ini tentu akan membuat hati galau berapa sebenarnya panjang joran tersebut.maka dari itu kita akan mencoba membaca kode yang tertera pada joran Sasame Jigging Weapon JWJS 562 seperti gambar diatas.

Pada gambar diatas kita akan melihat disana tertera kode 562 yang artinya adalah:
5'6" atau 5,6ft (Feet/kaki) dan kode 2 di belakang adalah jumlah sectionnya. Section ini berarti 2 bagian yang akan disambungkan menjadi 1. Dengan kata lain section ini bisa juga dikatakan piece. 2 section berarti 2 piece (2 bagian yang disambungkan menjadi 1). Jika itu joran 1 section maka berarti 1 piece dan akan tertulis 1. (misalnya: 561)

Penggunaan satuan panjang Feet/Kaki memang kadang masih terdengar asing di telinga kita, maka dari itu mari kita juga mencoba belajar mengetahui konversinya sebagai berikut:

  • 1Ft (Feet/Kaki) = 30.48cm
  • Jika tertulis 5'6" maka kita tinggal dikalikan saja dengan 30.48cm
  • 5.6 x 30.48 = 170.68
  • Jadi panjang joran tersebut adalah +/- 170cm

2. Istilah PE 2-4

Jika kita melihat ada tulisan PE 2-4 maka itu berarti kenur atau senar PE yang dipakai haruslah berkisar antara PE 2 hingga PE 4. PE 4 pada joran tersebut adalah senar PE maksimal yang boleh dipakai pada joran tersebut. Dengan kata lain joran tersebut hanya bisa menahan beban senar PE 2-4 dan kalau di isi PE 5 keatas maka akan melebihi kekuatan joran tersebut dan kalau lagi fight dengan ikan yang cukup besar kemungkinan besar joran tersebut akan patah. Apalagi kalau setingan dragnya di set pada kondisi 70% maka akan makin memperparah beban pada joran. Untuk diketahui bahwa istilah PE merupakan satuan ukuran maksimal beban (breaking strain),untuk kenur atau joran. Misalnya PE 4, yang berarti kekuatannya menahan beban sampai 40lbs, PE 5 (50lbs). Jumlah 2 lbs kira-kira setara dengan 1 kg. Jika maksimal joran 40 lbs maka kurang lebih sekitar 19-20 kg berat maksimal yang dapat ditahan joran.


3.Istilah Fuji Reel Seat & Fuji Ring Guide

FUJI merupakan brand peralatan dan aksesoris pancing yang terkenal. Beberapa dari brand fuji merupakan andalan dari joran terkenal. Antara lain ring guide, reel seats dan butt end. Memang tidak selalu tepat, tetapi paling tidak bisa jadi gambaran awal untuk mengetahui apakah joran yang kita minati itu kualitasnya bagus untuk mancing di laut atau tidak. Brand Fuji sendiri banyak dipakai untuk pabrikan-pabrikan joran kelas satu seperti Shimano, Daiwa dll. Maka istilah fuji seat dan fuji guide merupakan dudukan reel dan kolongan (ring) joran yang dibuat oleh brand Fuji. Biasanya joran yang memiliki spesifikasi seperti ini akan memiliki kualitas yang bagus.


4.Istilah Cast Weight (CW)

Istilah cast weight (CW) ini biasanya tertulis pada joran casting baik itu joran untuk spinning maupun joran baitcasting. Berat dari lure (umpan buatan ) merupakan ukuran yang bisa dilontarkan. Misalnya pada joran tertulis CW 7-20 gr, maka lure yang dipakai sebaiknya yang mempunyai berat berkisar antara 7-20 gr ,supaya lontarannya lebih baik.


5. Istilah Ferrule

Bagian ini merupakan istilah yang terdapat pada joran berjenis sambungan baik sambungan dua, tiga section. Terdiri atas male ferrule dan female ferrule. Ini merupakan bagian untuk menyambung antar bagian joran yang satu dengan yang lain dalam ukuran dan bentuk yang telah disesuaikan sebelumnya.

Selain istilah-istilah diatas juga terdapat bagian-bagian penting pada joran. Bagian-bagian tersebut yaitu :
Mengenal Lebih Jauh Istilah Dan Bagian Penting Pada Joran
Bagian-Bagian Joran secara umum 
Rod butt / penahan joran

Bagian ini terletak di ujung paling bawah dari batang joran. Terdapat bermacam-macam bentuk bagian penahan joran.Berbagai bentuk yang dikembangkan oleh para pemancing bertujuan  untuk memudahkan penempatan joran mulai dari lancip sampai adanya sambungan semacam besi sebagai tancapan.

Handle / pegangan

Bagian ini berfungsi sebagai pegangan joran. Panjang dan pendeknya tergantung dari beberapa jenis joran. Joran yang digunakan untuk surf casting dan saltwater biasanya pegangan lebih panjang karena menahan beban yang tentunya lebih berat.

Reel seat / dudukan reel

Bagian ini merupakan tempat bersandarnya reel pada batang joran di antara batang utama dan pegangan. Reel seat ini biasanya hanya terdapat pada joran-joran “modern” seperti joran teleskopik, sambungan dan lainya. Namun bagian ini tidak terdapat pada joran jenis tegak atau walesan bambu yang biasa digunakan untuk memancing di kolam.

Butt/ pegangan atas

Bagian ini terletak di bawah batang utama joran dan di atas reel seat.Berfungsi sebagai penahan atau pegangan bagi pemancing. Saat fight dengan ikan besar bagian ini bisa berfungsi sebagai pengungkit untuk melawan kekuatan tarikan ikan-ikan besar.

Blank/ batang utama

Bagian ini terdiri dari batang panjang pada joran yang biasanya terbuat dari bahan fiber, karbon, komposit atau bahkan bambu. Ini merupakan bagian utama dari joran. Panjangnya beragam tergantung kebutuhan pemancing tentunya juga dengan melihat manfaat dan kegunaannya.

Section

Merupakan bagian-bagian  yang terpisah.Bisa terdiri dari 1 section hingga 3 section tergantung dari panjangnya joran. Bagian-bagian terpisah ini nantinya akan disambung menjadi 1 section(piece).

Ring guide/ line guide

Bagian ini merupakan  kolongan yag terdapat  terdapat dalam joran yang berfungsi sebagai keluar masuknya senar mono maupun PE. Ukurannya bervariasi mulai dari paling besar sampai yang terkecil di ujung joran yang disebut sebagai tip top.

Demikianlah beberapa istilah dan bagian-bagian joran pada umumnya. Silahkan untuk berbagi pengalaman-pengalaman serta tips anda kepada kami agar semua teman-teman pemancing lainnya mendapatkan ilmu baru tentang dunia mancing. mancingarena.com

Sumber : Elder Fishing


2 komentar: