7 Tips Menghindari Backlash Pada Reel Baitcasting Bagi Pemula

Kamis, 12 Januari 2017

7 Tips Menghindari Backlash Pada Reel Baitcasting Bagi Pemula


Advertisement

Mancingarena.com - Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya bahwa pengguna reel Baitcasting atau yang sering kita namai dengan Reel BC memiliki kepuasan tersendiri, karena penggunaannya yang tidak mudah layaknya spinning reel. Namun bagi kita yang masih baru dan awam dalam menggunakan reel ini tentu saja kejadian backlash akan sering kita alami. Oleh karena itu setelah sebelumnya kita mengetahui faktor-faktor penyebab backlash tentu saja setelah itu kita harus menemukan cara untuk menghindarinya. Meski bagi sebagian pengguna Reel BC terutama yang telah berpangalaman dan terbiasa menggunakannya mengaplikasikan cara lain, namun tips ini sangat berguna bagi anda yang baru atau pemula dalam menggunakan Reel BC. Hal ini dikarenakan beberapa tips di bawah merupakan pengalaman dan praktek di lapangan pada rata-rata reel BC.

Saat ini memang sangat banyak pengguna pemula reel BC langsung mencoba layaknya spinning reel. Sebenarnya otodidak sah saja, sebagaimana peribahasa, alah bisa karena biasa, namun dalam permainan BC setidaknya kita sebagai pemula butuh teman yang sudah memiliki pengalaman sebagai mentor untuk memberikan masukan dan mengajari cara bermain BC meski hanya ilmu dasarnya saja. Jika anda juga tidak menemukan seorangpun yang dapat mengajari anda, maka pilihan otodidak harus anda ambil untuk membiasakannya. 
7 Tips Menghindari Backlash Pada Reel Baitcasting Bagi Pemula

Backlash sebenarnya merupakan hal yang wajar bagi setiap pengguna BC, namun tentunya tidak teradi setiap saat. Anda tentu bisa membayangkan jika berbulan-bulan mengalami hal tersebut, bukan tak mungkin anda akan menyerah dan pilihan terburuknya mungkin anda akan menjual kembali piranti BC anda dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu perlu improvisasi dalam memainkan reel jenis ini, mulai dari setingan pada reel hingga cara melontarkan lure. Improvisasi ini sangat penting agar kita dapat meminimalisir terulangnya backlash. Kami berusaha untuk berbagi beberapa tips yang mungkin bisa jadi pegangan anda guna meminimalisir terjadinya backlash.


1. Usahakanlah Untuk Menggunakan Brake Dan Spool Tension Dengan Baik

Bagian ini merupakan bagian terpenting yang anda harus perhatikan terutama pemula. Usahakanlah untuk mendapatkan brake dan tension yang baik. Misalnya dengan mengetes berat lure dengan lajunya senar. Berikut langkah-langkahnya :

  • Anda dapat melakukannya dengan posisi berdiri dan memegang piranti BC yang telah lengkap dengan Reel, Joran, Senar dan Lure. Usahakan bagi pemula untuk menggunakan lure berat terlebih dahulu untuk membiasakan lemparan. Anda bisa menggunakan lure 7-10 gram tentu juga menyesuaikan spot dan selera anda. 
  • Cobalah untuk melakukan setingan maksimum brake dulu, baik pada magnetik maupun centrifugal. Begitu juga dengan spool tension dalam setingan maksimum. Link ini akan menuntun anda mengetahui jenis braking system pada BC.
  • Sekarang angkat joran anda tepat setingkat dengan dada dan dengan posisi lure telah tergantung oleh senar. 
  • Tekan Thumb Bar sampai spool dalam keadaan bebas. Untuk setingan maksimum baik pada tension maupun brake, tidak akan menyebabkan lure jatuh dan spool juga tidak berputar. 
  • Selanjutnya cobalah untuk memutar posisi spool tension ke arah minimum secara perlahan-lahan sampai umpan bergerak turun dari ujung joran. 
  • Lalu pastikan saat lure telah menyentuh tanah, spool tepat berhenti berputar.
  • Sekarang cobalah untuk melontarkan lure dengan joran. Pada tahap ini jarak casting memang tidak jauh, namun cukup untuk membiasakan diri melontarkan lure tanpa backlash. 
  • Selanjutnya jika sudah mendapatkan ritme lemparannya, cobalah untuk menurunkan brake pada ukuran minimum secara periodik, misalkan pada magnetik dari angka 10 menjadi 9 dan pada centrifugal bisa mengOFFkan satu brake dulu.
  • Lalu cobalah lontarkan lure kembali dan anda akan merasakan jarak lontaran yang lebih panjang dibandingkan pertama tadi.
  • Jika dirasa sudah mendapatkan ritmenya, coba turunkan lagi brakenya satu angka lebih  rendah sampai anda kembali menemukan ritme pada brake yang anda rasa cukup nyaman baik dengan lontaran maupun jarak casting.
  • Lakukanlah latihan tersebut dibarengi dengan mengendorkan spool tension secara periodik. Dengan begitu anda akan menemukan ritme lemparan dan jarak casting yang anda inginkan.
  • Setingan Reel BC pada magnetic braking umumnya 2 & 3, sedangkan pada centrifugal braking menyisakan 1-3 brake ON.
  • Jangan lupa bahwa berat lure juga akan mempengaruhi jarak lemparan anda, oleh karena itu bagi pemula awali dulu lemparan anda dengan lure diatas 7 gram agar terbiasa.

2. Biasakanlah Untuk Berlatih Melemparkan Lure Dengan Baik

Ada beberapa tipe lemparan yang digunakan dalam casting, namun bagi pemula sangat direkomendasikan untuk berlatih melempar dengan teknik overhead terlebih dahulu. Anda bisa membayangkan berdiri dekat sebuah jam. Posisi awal ujung joran anda berada pada jam 9.30 dengan spool dalam keadaan free dan ibu jari anda memegang senar. Kemudian arahkan joran ke arah belakang anda pada jam 2.00, lalu arahkan kembali ke arah depan dengan memecut joran pada jam 10.30 sembari melepaskan ibu jari anda dari senar, setelah itu anda bisa menurunkan joran hingga angka jam 9.30 sebelum menggulung. Usahakan untuk membiasakan mengerem dengan ibu jari meski anda sudah melakukan setingan pada brake. Cobalah untuk melempar lure dengan cara memecut ujung joran yaitu cukup dengan menekuk pergelangan tangan agar lure jatuh dengan sempurna. Jika menerapkan model casting dengan spinning yaitu dengan mengayunkan joran, maka pada BC akan rentan lure terbang menukik dan jika itu terjadi kemungkinan besar anda akan mengalami backlash. Jika telah terbiasa dengan teknik ini barulah anda bisa menerapkan teknik selanjutnya seperti pitching hingga skipping. Link ini akan menuntun anda untuk mengetahui variasi teknik lemparan casting. 

3. Jangan Melawan Arah Angin

Saat melontarkan lure dalam kondisi berangin cobalah untuk tidak melawan angin. Dalam kondisi ini anda bisa mengambil keputusan untuk berhenti sejenak atau melempar lure dengan mengikuti arah angin. Cobalah untuk memiringkan atau menyerongkan posisi Reel saat mengikuti arah angin.

4. Pastikan Posisi Casting Dalam Keadaan Bebas Halangan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa kondisi tempat kita casting akan sangat berpengaruh. Oleh karena itu pastikan disekitar anda bebas dari halangan seperti daun pisang, kayu, ranting pohon dll. Jika memang harus berhadapan dengan keadaan demikian maka anda harus sesering mungkin berlatih lemparan baik underhand, pitching hingga skipping. Hal ini perlu agar kita dapat menyesuaikan teknik lemparan sesuai dengan kondisi spot kita berada.

5. Jika Memungkinkan Tetap Pertahankan Ritme Lemparan Sesuai Dengan Ukuran Lure

Terkadang naluri kita memang dituntut untuk mengganti lure, jika lure yang sebelumnya digunakan dirasa tidak menarik perhatian ikan. Namun perlu anda ketahui bahwa pergantian lure tentu juga anda akan dihadapkan pada posisi dimana harus kembali menemukan ritme lemparan yang baik sesuai dengan ukuran lure. 

6. Berlatihlah Sesering Mungkin Untuk Memainkan Feeling Saat Melakukan Pengereman Manual Dengan Ibu Jari

Meskipun braking memiliki peran yang sangat vital dalam menghindari backlash, namun anda juga perlu membiasakan diri untuk memainkan feeling menggunakan brake manual dengan ibu jari. Mengapa? Hal ini tentu akan sangat berguna jika posisi anda persis seperti pada poin diatas dimana ketika sebuah lure dirasa tidak cukup berpengaruh pada daya tarik ikan, maka dengan setingan off yang perlu feeling braking manual tentu saja sangat berguna.

7. Usahakanlah Menggunakan Tackle Balance

Tackle Balance disini adalah keseimbangan piranti, dimana kapasitas baik senar, joran maupun lure sesuai dengan kapasitas masing-masing. Dengan menggunakan tackle balance kita akan mendapatkan kenyamanan dan jarak casting seperti yang kita inginkan.

Beberapa tips diatas adalah tips pada umumnya digunakan Bagi anda yang sudah mahir dan berpengalaman tentu ada tips-tips lain yang cocok untuk anda. Namun bagi pemula usahakanlah untuk mencoba beberapa hal diatas agar dapat menemukan ritme yang baik terhadap reel BC. Cobalah untuk berlatih dan melakukan improvisasi agar dapat menemukan feeling yang baik. Bagi pemula cobalah untuk tidak terlalu terobsesi dulu dengan longcasting, karena hal tersebut perlahan akan didapat jika terlebih dahulu berlatih untuk meminimalisir backlash, mengingat saat ini inovasi braking juga makin bervariasi. Jika ada tambahan tips dan masukan silahkan kirimkan tips anda ke email kami dan selamat mencoba. mancingarena.com

2 komentar: