Cara Mаnсіng Ikan Tapah Dengan Teknik Dasaran

Cara Mаnсіng Ikan Tapah Dengan Teknik Dasaran
Ikan Tapah


Mancing Arena-  Wallago atau yang sering kita sebut dengan ikan Tapah merupakan ikan karnivora.. Ikаn tараh mеmіlіkі lima jеnіѕ yaitu: Wallago attu, Wallago hexanema, Wallago leerii, Wallago maculatus dan Wallago micropogon.  kelima jenis іkаn іnі memang hampir mіrір satu dengan yang lain. Namun jika diperhatikan dengan teliti akan ada sedikit perbedaan.

Sebagai contoh wаllаgо аttu dan wallago leerii memiliki perbedaan diantara keduanya. Wallago attu bermulut lebar уаng раngkаlnуа bеrаkhіr tераt dі bаwаh atau sedikit melewati mаtа. Sеdаngkаn wаllаgо lееrіi ujung mulut bеrаkhіr sebelum mаtа.

Di Indonesia ikan Tapah sendiri tersebar di perairan tawar seperti sungai. Penyebarannya lebih sering ditemukan di perairan tawar wilayah Kalimantan. Ikan Tapah di Indonesia mayoritas berjenis Wallago leerii dan Wallago attu dengan ciri badan berwarna hitam.  Adapun bobot ikan Tapah bisa mencapai ukuran sampai dengan 100 Kg dengan panjang hingga 1.8 meter. 

Habitat ikan tapah adalah di perairan Sungai. Ikan ini sering bersikap pasif pada siang hari dan berdiam di dasar sungai. Ikan ini lebih sering berpindah-pindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya. Begitu seterusnya dan kembali ke tempat semula. Ikan tapah dewasa akan berpindah-pindah ke arah anak sungai yang kecil untuk menyebarkan telurnya. 

Ikan Tapah akan lebih aktif pada malam hari untuk berburu makanan. Biasanya target buruan berupa ikan-ikan kecil, udang sungai, kepiting hingga hewan-hewan air lainnya yang berukuran kecil.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba untuk memancing ikan Tapah dengan teknik mancing dasaran, maka wajib terlebih dahulu diketahui kebiasaan dan titik keberadaan ikan tersebut. 

Pada saat musim hujan ikan Tapah akan berpindah ke sungai-sungai kecil namun memiliki kedalaman yang sesuai. Selanjutnya pada musim kemarau ikan ini akan kembali ke sungai-sungai besar dengan kedalaman yang disukai. 


Peralatan Mancing  Ikan Tapah Yang Harus Dipersiapkan

Peralatan mancing ikan tapah bisa disesuaikan dengan target buruan. Penggunaan peralatan yang tepat akan memudahkan anda untuk mendaratkan ikan Tapah.

Jika anda memancing melalui perahu atau boat maka jangan lupa untuk menggunakan pengaman diri seperti pelampung. Lalu gunakanlah pakaian yang menutup semua bagian tubuh seperti celana panjang, baju menutupi lengan dan leher, sepatu hingga topi untuk melindungi diri. 

Untuk peralatan reel sebaiknya sesuaikan dengan target yang dituju. Dikarenakanpada ulasan ini adalah teknik dasaran, maka tentu reel yang umum digunakan adalah reel spinnig. Untuk ukuran reel sendiri bisa anda gunakan reel dengan ukuran 3000 keatas. 

Meski tidak ada batasan pada reel misalnya anda lebih suka menggunakan reel dengan ukuran kecil seperti ukuran 1000 dan 2000, namun perlu diingat adalah tenaga ikan Tapah yang sangat kuat dapat membuat anda kewalahan jika menggunakan ukuran reel kecil. 

Namun kembali lagi bagaimana anda memainkan ritme pada saat perlawanan dengan ikan berlangsung.

Untuk penggunaan mata kail, gunakanlah mata kail yang memiliki ketajaman sangat bagus. Mata kail yang bermerek dari Jepang umumnya memiliki ketajaman yang sangat bagus. Untuk ukuran kail bisa dimulai dari ukuran nomor 9 hingga 14. Besaran ukuran kail tentu harus disesuaikan dengan umpan yang digunakan. 

Untuk berjaga-jaga jika target buruan ternyata berhasil lepas, maka lebih baik bawa mata kail tambahan. 

Selain itu siapkan joran pancing yang sesuai dengan ukuran reel dan target ikan. Jika anda menggunakan perahu tentu tidak masalah dengan joran berbahan fiber karena tidak perlu terlalu sering dipegang. Joran fiber memiliki kekuatan yang cukup besar dibandingkan dengan bahan carbon.

Namun kembali lagi pada efektifitas dan kenyamanan anda. Tentu saja menggunakan joran berbahan karbon akan menghemat tenaga. Namun tetap perlu berhati-hati dan sabar pada saat perlawanan ikan berlangsung.

Senar yang digunakan bisa divariasikan sesuai spot yang dituju. Umumnya pemancing dasaran menyukai senar nylon dengan ukuran tertentu. Biasanya yang sering digunakan adalah dengan ukuran diameter besar seperti 0,40 mm hingga 0,70 mm. 

Jika menggunakan senar Multifilament seperti PE maka gunakanlah leader yang sesuai. Hal ini untuk menghindari gesekan senar PE dengan rintangan didalam air.

Untuk target ikan Tapah berukuran besar tentu anda harus menggunakan timah pemberat agar umpan dapat meluncur hingga ke dasar sungai. 

Untuk membuat umpan lebih terlihat natural, anda bisa menggunakan rangkaian dropshot. Hal ini perlu dilakukan karena mengingat ikan tapah cenderung pasif pada siang hari. 

Fungsi utamanya adalah agar umpan dapat bergerak bebas didalam air dan gerakan umpan dapat menggoda ikan Tapah untuk segera melahapnya.

Menentukan Spot Mancing Ikan Tapah Yang Tepat

Ikan tapah menyukai sungai yang berarus dengan kedalaman yang lumayan dalam. Namun tidak menutup kemungkinan juga terdapat pada kedalaman sungai yang tenang. 

Ikan tapah dengan ukuran sekitar 3 hingga 5 jarian akan lebih sering terlihat bergerombolan satu dengan yang lainnya. Dalam satu gerombolan tersebut bisa berisikan 5 sampai dengan 8 ekor ikan Tapah. 

Untuk ukuran tersebut biasanya berada di bagian lubuk sungai dengan kedalaman tertentu. Titik favoritnya adalah di bagian lubuk kayu-kayu besar, gundukan tumbuh-tumbuhan hingga batu-batuan besar. Selain itu sungai berwarna merah dan bergambut bisa jadi spot potensial.

Pada saat musim hujan dan air sungai sedang mengalami pasang, biasanya ikan Tapah akan sangat sering berdiam didalam kedalaman air . Dalam kondisi seperti ini biasanya hasilnya akan sangat sulit untuk diprediksi. 

Sebaliknya pada musim kemarau ikan Tapah justru akan mencari sungai besar dengan kedalaman yang cukup lumayan. 

Pada saat air sungai menyusut juga merupakan waktu yang tepat untuk memancing. Ikan Tapah akan terkonsentrasi di alur sungai, sehingga akan lebih mudah untuk dipancing.

Menurut pengalaman yang telah kami rasakan, waktu yang paling menjanjikan untuk memancingnya adalah pada saat air tengah keruh dan bulan sedang gelap. 

Selain itu musim kemarau pada saat air sedang menyusut juga menjanjikan. Biasanya terjadi antara bulan Juli dan Agustus. Menurut kami waktu terbaik adalah pada saat subuh menjelang pagi dan sore hari menjelang terbenamnya matahari. 

Namun kembali lagi kepada anda, jika waktu-waktu tersebut anda tidak punya kesempatan, maka cobalah pada waktu yang telah disebutkan sebelumnya. 

Oleh karena itu disarankan untuk menyesuaikan musim yang tepat saat akan memancing ikan Tapah. Namun kembali lagi kepada masing-masing anda, jika ingin mencoba di luar musim favorit ikan Tapah, anda bisa menyesuaikan spot. 

Persiapkan Umpan Ikаn Tараh Yang Paling Amрuh

Selain beberapa faktor penting diatas, faktor penting lainnya adalah umpan. Karena kita mengulas teknik dasaran, maka umpan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap rasio keberhasilan mendapatkan ikan. 

Tapah adalah ikan predator yang sangat kuat dengan mulut lebar dan gigi-gigi yang sangat tajam. Jadi anda tidak perlu risau dengan umpan yang perlu disiapkan, karena dalam ulasan berikut kami akan membeberkan umpan yang tepat. 

Umpan yang paling umum digunakan adalah anakan ikan atau ikan-ikan yang masih kecil. Jika anda menggunakan anakan ikan, maka upayakan ikan tersebut dapat bertahan lama di dalam air. Hal ini perlu dilakukan agar umpan tersebut terus bergerak dalam waktu yang lama. 

Beberapa rekomendasi kami seperti anakan ikan Gabus, lele, ikan betok ukuran dua jarian, ikan keting, anakan bawal 2-3 jarian hingga ikan sepat. Selain itu bisa anda sesuaikan dengan umpan iakn-ikan kecil yang tersedia di tempat anda.

Selain anakan ikan anda bisa menggunakan kepiting sungai yang berukuran kecil, jangkrik yang diisikan 3 sampai 4 ekor di mata kail, Ulat Lundi, Ulat bambu, Ulat pisang, Kelabang, Udang sungai seperti udang galah, hingga cacing. Sesuaikan dengan ketersediaan umpan tersebut di tempat anda. 

Tips Mancing Ikаn Tараh Dengan Teknik Dasaran

  • Menggunakan perahu atau boat untuk menjangkau area-area potensial ikan Tapah akan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan ikan Tapah.
  • Upayakan mengajak teman saat menggunakan perahu atau boat. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Pada momen ikan memakan umpan, rasakan terlebih dahulu lalu kemudian sentak. Ikan Tapah akan menarik umpan lebih dalam pada sambaran awal, sehingga jika terburu-buru akan menyebabkan ikan lepas. Beri jeda dan rasakan sambaran beberapa detik saja. 
  • Siapkan perlengkapan tambahan seperti jaring penyerok dan lipgrip hingga gancu untuk antisipasi jika sewaktu-waktu ikan Tapah yang didapatkan cukup sulit untuk didaratkan.
  • Upayakan untuk melempar umpan ke titik potensial di sekitar lubuk-lubuk sungai yang dalam. 
  • Upayakan kondisi di sekitar spot lebih tenang, karena ikan Tapah sangat sensitif terhadap gerakan. 
  • Selain menggunakan pemberat agar umpan terbenam ke dasar sungai, anda juga bisa menggunakan rangkaian dengan tambahan pelampung. Biasanya dengan menggunakan pelampung, maka umpan akan berada ditengah-tengah kedalaman air. Dalam kondisi seperti ini biasanya akana menggoda ikan-ikan lainnya untuk memakan umpan.
  • Mintalah infromasi atau lebih baik jika anda didampingi oleh pemancing yang sudah berpengalaman.

Harga Ikan Tapah


Nah bagi teman-teman yang ingin membudidayakan Ikan Tapah, ternyata harganya cukup menggiurkan. Di beberapa wilayah ikan Tapah dihargai mulai dari Rp. 30.000-60.000 per kg. Sedangkan untuk harga ikan Tapah hidup bisa dihargari dengan harga Rp.300.000 hingga 700.000 per- ekornya dengan panjang sekitar 40 cm. Cukup menggiurkan bukan.


Mancing dasaran diperlukan kesabaran untuk menanti sambaran. Oleh karena itu sering melakukannya akan memberikan pengalaman lebih banyak. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah meminta informasi atau akan lebih baik jika anda dipandu oleh pemancing-pemancing sekitar yang sudah berpengalaman.

Demikianlah ulasan kami mengenai cara mancing ikan Tapah dengan teknik dasaran.

Bagi anda yang punya hobi mancing, silahkan bagikan pengalaman mancing anda di sosial media kami untuk menambah wawasan dan pengalaman terhadap teman-teman mancing lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mаnсіng Ikan Tapah Dengan Teknik Dasaran "