15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Berdasarkan Kategorinya

 

15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Berdasarkan Kategorinya
Ikan Mas Koki. Sumber : Pixabay
mancingarena.com - Berbicara mengenai jenis-jenis ikan hias yang tersebar di  Indonesia, sebelumnya kita telah membahasnya secara umum dalam artikel jenis-jenis ikan hias air tawar dan air laut. Maka kali ini kita akan kembali menyajikan informasi mengenai jenis ikan hias, namun lebih khusus mengenai ikan hias air tawar. Sebagai penggemar atau penghobi ikan hias air tawar, tentu anda telah mengenali sedikitnya beberapa jenis varian ikan hias air tawar yang banyak beredar dan dipelihara di Indonesia. 

Perlu diketahui bahwa ikan hias air tawar yang telah banyak beredar di Indonesia memiliki kategori yang berbeda-beda. Pengkategorian tersebut terjadi karena keragaman jenis ikan hias mulai dari kebiasaan hidup, habitat, budidaya, perilaku, adaptasi hingga lingkungan hidup masing-masing ikan hias. 

Pengakategorian akan memudahkan teman-teman dalam memilih serta menentukan jenis-jenis ikan hias yang akan dijadikan peliharaan. Misalnya saja anda seorang penggemar ikan hias air tawar yang dapat digunakan untuk kontes, maka pilihan bisa saja jatuh kepada ikan Cupang, Mas Koki, Koi, dll. 

Nah, untuk menentukan ikan hias sesuai pilihan, maka anda  perlu mendapatkan referensi lengkap dan detail sebelum menentukannya.Dalam artikel berikut ini kami berupaya untuk menyajikan berbagai informasi mengenai jenis- jenis ikan hias air tawar berdasarkan kategorinya secara detail. Informasi tersebut akan memberikan sedikit gambaran sebelum memutuskan untuk menentukan pilihan sesuai keinginan anda.

Kesalahan memilih jenis ikan hias air tawar yang tidak sesuai, hanya akan menguras dompet anda lebih dalam.

Berikut ini merupakan 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Berdasarkan Kategorinya :

1. Ikan Hias Air Tawar terindah dan Tercantik

Ikan Hias Air Tawar terindah dan Tercantik
Ikan Cupang Hias

Ini merupakan jenis ikan hias dengan kategori yang paling banyak diincar oleh kolektor maupun penghobi ikan hias. Bisa dibilang jika faktor fisik indah dan cantik menjadi pertimbangan utama dalam memilih ikan hias air tawar. Umumnya, ikan hias memiliki fisik indah dan cantik dan hal tersebut pula yang kemudian menjadi salah satu ciri-ciri khas dari ikan hias. Contohnya Ikan Disqus, Fantail Guppy, Louhan, Koi, Mas Koki, Cupang, Peacock Bass, Neon Tetra, Arwana Platinum, dll.

2. Ikan Hias Air Tawar Predator

Ikan Hias Air Tawar Predator
Ikan Channa

Pada umumnya ikan hias dengan kategori predator merupakan ikan hias yang tergolong kedalam kelompok karnivora. Meski tergolong kedalam jenis karnivora, namun kategori ikan hias ini memiliki warna serta motif yang indah di bagian badannya. Contohnya Peacock Bass, keluarga ikan Channa, Arowana/Arwana, Red Devil Cichlid, Ikan Oscar, Red Tailed Catfish, dll. 

3. Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Ikan Hias Air Tawar Aquarium
Ikan Molly

Nah kategori yang satu ini juga termasuk kedalam salah satu jenis ikan hias yang paling banyak diburu untuk dipelihara di dalam aquarium. Contoh Ikan Molly, Ikan Guppy, Neon Tetra, Ikan Platy, Mas Koki, Koi, Ikan Discus, Ikan Corydoras, dll.

4. Ikan Hias Air Tawar Termahal

Ikan Hias Air Tawar Termahal
Red Arwana

Ikan hias yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu kategori premium, dimana harga yang ditawarkan untuk satu ekornya saja bisa mencapai jutaan rupiah. Contohnya Ikan Arwana, Ikan Koi Jepang, Ikan Angelfish, Ikan Channa Barca, Ikan Hias Arapaima, Ikan Discus, dll.

5. Ikan Hias Air Tawar Langka 

Ikan Hias Air Tawar Langka
Green Arwana

Sesuai dengan namanya, ikan hias yang satu ini merupakan salah satu incaran kolektor serta penghobi ikan hias. Biasanya dikarenakan faktor langka, maka ikan hias dengan kategori ini menjadi spesial serta memilki nilai jual tinggi. Arwana Platinum, Nami Green Arowana, Malawi Cichlids, Zebra Pleco, dan Hatchetfish merupakan beberapa contoh dalam kategori ini.

6. Ikan Hias Air Tawar Spesies Asli Indonesia

Ikan Hias Air Tawar Spesies Asli Indonesia
Ikan Botia

Sesuai dengan namanya, kategori ini termasuk kedalam ikan hias yang berasal dari Indonesia. Contohnya, Ikan Arwana, Botia, Tiger Fish, Sepat Mutiara, Red Rainbow, Dll. 

7. Ikan Hias Air Tawar Berukuran Besar

Ikan Hias Air Tawar Berukuran Besar
Ikan Arwana

Merupakan ikan hias dengan ukuran tubuh lebih besar daripada ikan-ikan hias pada umumnya. Contohnya adalah keluarga ikan Channa atau ikan gabus, ikan Arwana, Oskar, Louhan hingga Koi.

8. Ikan Hias Aquarium Tanpa Aerator dan Tanpa Oksigen

Ikan Hias Aquarium Tanpa Aerator dan Tanpa Oksigen

Ikan hias yang satu ini bisa menjadi salah satu pertimbangan karena daya tahannya tinggi. Jenis ikan ini bisa menghemat budget untuk membeli aerator atau bantuan alat oksigen dalam air. Contohnya seperti, ikan cupang, swordtail, lele albino hias, ikan sapu-sapu hias, hingga keluarga ikan gabus hias.

9. Ikan Hias Kecil Bergerombol

Ikan Hias Kecil Bergerombol
Neon Tetra

Jenis ikan hias yang satu ini sangat menarik untuk dijadikan hiasan aquarium. Ikan hias jenis ini akan selalu berdampingan dalam satu kelompok. Umumnya jenis ini memiliki bentuk fisik kecil serta memiliki warna lebih dari satu. Contohnya, keluarga ikan tetra, Rainbowfish, Zebra Danio, Pygmy Cory (lele hias kecil, dll.

10. Ikan Hias Air Tawar Yang Tahan Lama, Awet dan Tidak Mudah Mati

Ikan Hias Air Tawar Yang Tahan Lama, Awet dan Tidak Mudah Mati
Guppy

Jenis ikan hias ini memiliki kemudahan untuk dipelihara. Ikan hias jenis ini bahkan bisa dipelihara dalam aquarium tanpa menggunakan oksigen tambahan atau aerator. Bagi anda yang ingin simpel dan ga ribet mungkin jenis ikan ini bisa jadi pertimbangan. Contohnya, ikan zebra, Molly,Koi, Guppy, Cupang, Platy, Komet, dll.

11. Ikan Hias Yang Mudah Dipelihara

Ikan Hias Yang Mudah Dipelihara

Nah kalau ini bisa dipertimbangkan buat pemula atau hanya sekedar ingin coba-coba memelihara ikan hias. Jenis ikan hias ini tidak memerlukan biaya dan energi banyak untuk memeliharanya. Contohnya adalah ikan Cupang, Louhan, ikan Koi, ikan sapu-sapu hias, Neon Tetra dsbg. 

12. Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium

Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur di Satu Akuarium
Corydoras

Bagi teman-teman yang suka dengan keragaman isi Aquarium atau kolam, mungkin ikan hias jenis ini bisa jadi pertimbangan. Jenis ikan hias ini sangat toleran dengan perbedaan spesies ikan hias dalam satu wadah. Contohnya adalah Ikan Gupi, Ikan Discus, Ikan Corydoras, Koi, Mas Koki, Ikan Guppy, Ikan Sapu-Sapu.

13. Ikan Hias Paling Laku Di Pasaran

Ikan Hias Paling Laku Di Pasaran
Maskoki

Jenis ikan hias ini menjadi ikan hias terpopuler di pasaran khususnya di Indonesia. Keberadaan jenis ikan hias ini dapat ditemukan di berbagai toko-toko yang menjual ikah hias. Bagi teman-teman yang berminat membuka usaha ikan hias, maka jenis ikan hias ini bisa jadi pertimbangan. Contohnya adalah  ikan mas koki, ikan Guppy, Ikan Neon, ikan cupang, ikan Oskar, Koi, Ikan sapu-sapu hias, Guppy, DIscus, keluarga Channa, Molly, dll.

14. Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Berkembang biak dan Mudah dibudidayakan

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Berkembang biak dan Mudah dibudidayakan
Swordtail 

Jenis ikan hias ini sangat cocok bagi pebisnis atau penghobi ikan hias. Jenis ikan hias ini dapat dibudidayakan dengan baik karena kemudahannya untuk berkembang biak dengan cepat. Ikan hias jenis ini akan menghasilkan bibit-bibit yang mudah  beradaptasi dengan lingkungan yang digunakan sebagai tempat berlindung dan mencari makanan. Berikut contoh-contohnya, Ikan Guppy, Platy, Molly, Sword Tail, Anablepidae, cichild, Zebra Danio, Rosy Barbs, keluarga siklid.

15. Ikan Hias Air Tawar Yang Cocok Untuk Dipelihara dalam Kolam Outdoor

Ikan Hias Air Tawar Yang Cocok Untuk Dipelihara dalam Kolam Outdoor
Koi Kolam Outdoor

Jenis ikan hias ini sering dijumpai di luar ruangan. Misalnya saja di pekarangan rumah, halaman perkantoran, hingga di beberapa tempat wisata. Teman-teman bisa mempertimbangkan beberapa jenis ikan hias berikut ini, ikan Koi, Ikan Mas, Plecos, Molly, Guppy, Cupang, Platy, Neon Tetra, Ikan Manfish, Ikan Lemon, dll. 

Itulah 15 Jenis ikan hias air tawar berdasarkan kategorinya. Jika teman-teman berminat untuk mengkoleksi atau hanya sekedar menjadikannya sebagai hiburan di kala penat, maka bisa dipertimbangkan jenis ikan hias yang paling sesuai dengan minat serta tidak membebani kegiatan sehari-hari. Pada dasarnya memelihara ikan hias bisa menjadi kegiatan positif yang dapat mempengaruhi mood sehari-hari. Jadi pilihlah jenis ikan yang paling sesuai dengan kondisi teman-teman. Demikianlah artikel mengenai 15 Jenis ikan hias air tawar, semoga bermanfaat. Nantikan terus artikel menarik lainnya hanya di mancingarena.com.


Posting Komentar untuk "15 Jenis Ikan Hias Air Tawar Berdasarkan Kategorinya"