Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Senin, 01 Juni 2015

Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar


Advertisement


Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Pemilihan fly line yang baik akan menghasilkan kualitas lontaran yang baik pula meski hanya menggunakan reel dan joran fly yang berharga murah. Pada Fly fishing Line merupakan elemen yang paling penting, maka pemilihannya pun juga harus diperhatikan dengan benar. Ukuran fly line diukur sekitar 9 m berat dari ujung fly line yang nantinya akan disesuaikan dengan joran dan reel fly. Namun gampangnya tinggal lihat saja pada kemasan fly line yang sudah tertulis ukuran masing-masing.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya lebih baik gunakan fly line dengan ukuran yang sama dengan reel dan joran, agar menghasilkan tackle balance (keseimbangan peralatan). Maksudnya adalah dengan menyesuaikan seluruh peralatan mancing, maka saat cast fly berlangsung kita bisa menikmatinya tanpa ada masalah.

Karakter-karakter fly line berbeda-beda mulai dari floating,sinking dan fast sinking. Jenis pada umumnya adalah weight forward, level, triangle, shoting head dan double taper. Maka sesuaikan dengan spot dan target masing-masing karena pemilihan karakter dan jenis fly line yang tidak tepat akan membuat fly fishing sia-sia.

Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum memilih fly line :

ü  Spot target air asin dipinggir laut dan pada pemecah ombak pilih karakter sinking dan intermediate sinking.
ü  Untuk pemula lebih baik memilih fly line yang sesuai dengan ukuran reel dan joran fly.
ü  Dari semua jenis fly line lebih baik menggunakan jenis weight forward saja, terutama bagi pemula.
ü  Jika ingin berpindah-indah spot baik diair tawar maupun asin , maka tidak salah jika memilih reel dengan beda-beda karakter sesuai dengan spot. Agar cocok digunakan dandiganti sesuai kebutuhan
ü  Ada harga ada barang, artinya jika memiliki dana yang lebih maka yang mahal biasa lebih berkualitas pada fly line. Namun jika tidak bisa juga menggunakan fly line biasa, tentu dengan target pada spot-spot air tawar saja biasanya.


Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Dikarenakan penggunaan Fly line utama sekitar 22-35 m, maka harus diselingi dengan bantuan dari backing line. Namun yang pasti harus disesuaikan dengan ukuran spool reel. Jangan sampai mengabaikan fly line utamanya, karena fly line lah yang paling penting dalam teknik fly fishing. Tugas backing line ini hanya pada saat tarik ulur dengan ikan besar dan ganas agar leader dan tippet tak putus pada saat fight berlangsung.

Penggunaan Backing line pada masing-masing spot.

ü  Spot air tawar seperti sungai dan rawa-rawa sekitar 45 m.
ü  Spot air tawar dan asin seperti sungai besar waduk dan pinggir laut sekitar 91 m.
ü  Spot air asin seperti pada bagian pemecah ombak hingga ketengah laut sekitar 182m.

Pemilihan backing line.

ü  Jika memiliki dana yang cukup pilh backing line dengan bahan Dacron dan Gel Spun.
ü  Jika tidak bisa menggunakan PE braided.


Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Penggunaan leader pada rangkaian fly fishing sangat penting, karena tidak mungkin fly line langsung disambung dengan flies. Pemilihan leader  yang baik juga akan mempengaruhi tingkat strike ikan. Maka harus disesuaikan dengan baik tentunya. Dalam istilah fly fishing ada yang namanya knotted tapered leader dan knotless tapered leader. Ini merupakan hasil dari perpaduan leader yang memiliki 3 section (butt, nid, dan tippet) Bagian butt terhubung langsung antara Fly line dengan leader, bagian mid yaitu antara tippet dan fly line, dan bagian tippet adalah yang menghubungkan dengan flies. Bagian butt pada leader lebih tebal dan besar dibandingkan dengan bagian mid, begitupun dengan bagian mid yang memiliki diameter lebih kecil dari bagian butt dan lebih besar dari diameter tippet.

knotted tapered leader dan knotless tapered leader ini biasanya telah dirangkai dan tersedia pada toko-toko pancing yang menjual peralatan fly fishing. Kapasitas dan kekuatannya pun telah diatur sedemikia rupa agar sesuai dengan fly line yang digunakan. Untuk harganya biasa knotted lebih murah daripada knotless. Penggunaan leader dan tippet biasanay menyesuaikan ''WT'' dari fly line. Fly line berdiameter besar dan berat tentu harus diikuti oleh leader yang lebih besar dari fly line.

Tapered leader sangat dibutuhkan baik itu knotted maupun knotless karena mengirim energi dari fly line utama ke leader akan menghasilkan fly cast yang lebih halus dan bagus. Knotted tapered leader biasanya sering bermasalah pada saat cast di spot-spot yang mengandung banyak tanaman air. Maka jika punya dana lebih bisa memilih knotless tapered leader, karena bagaian knotnya tidak terlalu banyak.

Pemilihan leader sesuai karakter fly line.
ü  Karakter Fly line floating (mengambang), menggunakan sekitar 2,4 m -2,7 m.
ü  Karakter Fly line sinking (tenggelam), menggunakan sekitar 1,2 m -1,8 m.

Pada dasarnya leader unutk floating lebih panjang daripada sinking maupun intermediate sinking. Semakin air berwarna bening pada karakter floating maka semakin panjang pula leader yang dibutuhkan. Sebaliknya pada karakter sinking semakin keruh dan butek airnya semakin pendek pula leader yang digunakan.


Tips Memilih Piranti/Peralatan Fly Fishing Yang Baik Dan Benar

Saat ini memang sulit ditemukan di Indonesia berbagai jenis lure flies ini. Namun alternatifnya bisa dibuat sendiri dengan mencari referensi dari video maupun dari para ahli fly fishing. Saat ini di Indonesia ada beberaa grup fly fishing yang dapat dimintai referensi mengenai flies. Flies yang sering dijumpai di Indonesia mungkin jenis dry flies yang cocok digunakan pada air tawar. Penggunaan flies ini lebih baik jika dicocokkan sesuai dengan spot dan karakter. Baik itu perairan tawar maupun asin dengan karakter mengapung (floating) dan tenggelam dibawah permukaan (sinking).

Dari beberapa piranti pada teknik fly fishing, biasanya yang paling memainkan peranan penting adalah pada bagian fly line utama dan Leader dengan tippet. Tentu harus disesuaikan dengan masing-masing peralatan fly fishing. Jika memang ingin mengembangkan skill fly fishing maka seringlah berbaur dengan komunitas dan para ahli dalam teknik ini. Saat ini tentu baik media sosial ataupun langsung sudah banyak komunitas peminat teknik fly fishing. Sekian ulasan mengenai tips memilih peralatan fly fishing yang baik dan benar, semoga bermanfaat. Nantikan ulasan menarik lainnya hanya di mancing arena.


0 komentar:

Posting Komentar