Sunday, 1 January 2017

Mengintip Pesatnya Perkembangan Lure Karya Anak Bangsa

Poetra Castinger

Advertisement

Mancingarena.com - Saat ini memang tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Lure dari mancanegaa telah membanjiri Indonesia, bahkan untuk beberapa jenis Lure haus terlebih dahulu untuk pre-order dikarenakan lure tersebut sangat langka dan banyak diburu para angler lokal. Memang pada dasarnya banyak faktor mengapa sampai lure tersebut menjadi primadona bahkan sampai langka di pasar domestik. Misalnya saja action yang sangat baik sehingga membuat lure tersebut sangat efektif sebagai penunjang untuk merasakan strike, material yang berkualitas sehingga tahan lama hingga harga terjangkau untuk sebuah lure yang berkualitas tinggi. Lures tersebut bisa berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Thailand Dll. 

Mengintip Pesatnya Perkembangan Lure Karya Anak Bangsa
Beberapa lure karya lure maker Indonesia

Namun tahukah anda saat ini Lure produksi anak bangsapun cukup menarik minat pangsa pasar domestik. Saat ini lure hasil karya lure maker asli Indonesia ternyata telah dapat bersaing dengan lure-lure dari mancanegara. Meskipun dari segi branding belum terkenal hingga ke mancanegara layaknya produk-produk luar negeri yang telah memiliki nama, namun Lure hasil karya anak bangsa ini memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya. Bahkan beberapa anglers dari negara tetangga Seperti Malaysia dan Singapura telah memesan Lure buatan lure maker asli Indonesia. Tentu saja hal ini merupakan sebuah kebanggaan karena kualitas lurer lokal yang dapat bersaing dengan lure dari negara-negara lainnya 

Beberapa jenis lure seperti Pencil, Stickbait, Jump frog, Soft Frog, Spinner dan Buzzbait, Metal Jig, Spoon hingga Minnow telah dikreasikan oleh beberapa lure maker Indonesia."Perlahan namun pasti " itulah yang pantas disematkan untuk perkembangan lure maker dalam negri. Kualitas lure domestik bukan hanya di atas kertas saja, namun banyak hasil dokumentasi yang diposting di akun media sosial  dengan produk buatan anak bangsa. Saat ini para lure maker pun terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk menjadikan kualitas lure semakin baik. 

Material dan alat pembuatan lure juga sangat diperhatikan dengan detail. Misalnya pembuatan Lure pencil hingga jump frog yang beberapa lure maker telah menggunakan mesin bubut agar lebih presisi hingga finishing dengan menggunakan pengecatan air brush. Pada material lure jenis lainnya juga sagat diperhatikan kualitasnya, seperti pemilihan bahan latex yang berkualitas tinggi pada pembuatan soft frog, tembaga dan timah untuk pembuatan metal jig hingga kayu dengan kualitas terbaik sebagai bahan pembuatan pencil dan jump frog. Para lure maker sendiri biasanya sebelum memasarkan lure dalam jumlah banyak terlebih dahulu telah melewati tahap tes lapangan, yang berarti kualitas terbaiklah yang nantinya akan dipasarkan. Quality control merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan pada dasarnya dan ini merupakan langkah baik sebelum dipasarkan kepada konsumen. 

Melihat begitu pesatnya perkembangan lure hasil kreasi anak bangsa, maka sudah sewajarnya pemerintah untuk melirik industri ini agar suatu saat hasil produksi lure domestik dapat diekspor hingga ke berbagai negara di dunia. Selain itu tentu saja keberadaan industri ini dapat mensejahterakan masyarakat karena terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat. Dengan adanya perhatian dari pemerintah dalam industri ini tentu saja ada harapan kedepannya bahwa lure domestik juga dapat bersaing dengan merek-merek terkenal di dunia.

Saat ini beberapa Lure maker telah memasarkan lure mereka dengan konsep digital marketing. Artinya pemasaran bukan hanya dilakukan secara konvensional namun juga melalui media sosial seperti facebook, instagram, hingga Google. Beberapa toko offline di Indonesia pun sudah memesan lure karya anak bangsa dalam jumlah besar untuk dijual kembali. Untuk masalah harga, lure domestik memiliki harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang sangat baik. 

Sudah sepantasnya jika kita sebagai angler lokal untuk mencintai produk domestik. Cobalah untuk mengisi lure box anda dengan hasil karya anak bangsa agar anda tahu, bahwa ternyata lure domestik memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk mancanegara. Dengan menghargai dan menggunakan lure domestik, sebagai angler tentu kita turut andil dalam membuat Brand lure Indonesia semakin terkenal dan dapat bersaing dengan merek-merek ternama dari mancanegara. Punya pengalaman dan teknik baru memancing segera kirimkan pengalaman anda ke email yang telah tersedia. mancingarena.com

0 comments:

Post a Comment