Tuesday, 14 February 2017

Lungfish, Ikan Yang Dapat Bertahan Hidup Di Darat Tanpa Air Dan Makanan Hingga Bertahun-Tahun

Poetra Castinger

Advertisement

Mancingarena.com - Spesies ikan di dunia ini memiliki beragam jenis, bahkan keberagaman tersebut memiliki ciri khas dan unik yang tidak semua spesies ikan lain memilikinya. Hal ini dapat dilihat dari salah satu spesies ikan yang dapat bertahan di darat tanpa air hingga mencapai waktu hitungan tahun. Memang sulit rasanya untuk mempercayai hal tersebut, karena pada dasarnya seluruh spesies ikan hanya hidup di habitat perairan. Meski terdapat jenis ikan lainnya yang dapat bertahan lama di daratan, namun itu hanya dalam hitungan jam saja seperti ikan Betok dan Gabus. Tentu saja hal ini sulit dipercaya, namun faktanya berkata demikian.
Lungfish, Ikan Yang Dapat Bertahan Hidup Di Darat Tanpa Air Dan Makanan Hingga Bertahun-Tahun

Adapun ikan yang dimaksud di sini adalah Ikan Lungfish. Ikan Lungfish juga termasuk dalam keluarga Salamander Fish. Ikan ini merupakan ikan yang hidup di perairan tawar yang memiliki umur panjang. Perairan tawar yang disukai ikan ini adalah perairan yang terdapat banyak lumpurnya. Layakny ikan lainnya, Lungfish memiliki aktivitas di dalam air seperti mencari makanan dan berenang. Hanya saja kemampuannya yang dapat mengambil oksigen dari udara layaknya hewan darat membuat ikan ini dapat bertahan lama di daratan. Hal ini dikarenakan Lungfish memiliki paru-paru primitif tunggal yang dapat membantu spesies ini saat berada di daratan.
Lungfish, Ikan Yang Dapat Bertahan Hidup Di Darat Tanpa Air Dan Makanan Hingga Bertahun-Tahun

Secara umum ciri-ciri utama ikan ini adalah memiliki 4 sirip layaknya kaki yang terdapat 2 buah di belakang kepalanya dan 2 buah di bagian badannya. Adapun secara keseluruhan penampakan ikan ini layaknya ikan Belut besar. Lungfish merupakan spesies karnivora, di habitat aslinya, ikan ini memakan cacing dan ikan-ikan kecil. Panjang tubuhnya dapat mencapai hingga lebih dari satu meter. Ikan Lungfish berasal dari  Sungai Maria dan Brunette di Queensland, Australia. Selain di Australia, ikan ini juga dapat ditemukan di wilayah Afrika hingga Amerika Selatan. Lungfish merupakan ikan tertua dan diperkirakan telah ada selama hampir 400 juta tahun.
Lungfish, Ikan Yang Dapat Bertahan Hidup Di Darat Tanpa Air Dan Makanan Hingga Bertahun-Tahun
Penampakan Pelindung Lungfish Saat Berada Di Darat
Pada saat musim kemarau tiba Lungfish akan masuk ke dalam lumpur dan setelah musim kemarau usai ikan ini akan muncul kembali ke air. Menurut ilmuan, pada saat bertahan di dalam tanah kering, ikan ini dapat bertahan hidup selama tiga tahun tanpa makan. Pada saat perairan mulai mengering dan hanya meninggalkan lumpur saja, ikan ini akan menggali lumpur tersebut dengan mulutnya. Setelah lubang lumpur terbentuk, Lungfish akan segera memproduksi lendir dari tubuhnya sehingga akan berbentuk seperti kepompong. Lungfish akan bertahan hidup di dalam pelindung berbentuk kepompong tersebut selama musim  kemarau berlangsung. Saat berada di dalam pelindungnya, ikan ini akan menekuk setengah dari tubuhnya dengan posisi kepala mendekati ekor. mancingarena.com

0 comments:

Post a Comment