Thursday, 29 December 2016

9 Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menerapkan Teknik Long Casting

Poetra Fisherman

Advertisement

Mancingarena.com - Pernahkah terlintas di pikaran anda bahwa semakin jauh lemparan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan sensasi strike ?. Sebenarnya anggapan tersebut tidaklah salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Lalu mengapa demikian ?. Long casting biasanya memang lebih membuat seseorang puas baik saat melempar maupun saat menggulung. Jaraknya yang jauh tentu akan berpotensi menggoda ikan berkumpul bahkan mengear lure yang sedang kita tarik dengan berbagai variasi gaya. Namun dalam beberapa spot yang luas tidaklah seluruh titik ikan berada. Bisa saja di spot yang luas dan dipinggirnya ada semacam tumbuhan air yang jadi tempat bersembunyinya ikan-ikan predator menunggu mangsa dan tidak mengharuskan kita untuk melakukan long casting. Dari sini bisa disimpulkan baik itu lemparan jauh maupun dekat tergantung dari kondisi spot dan perkiraan titik ikan berada. Tentu sebagai angler bisa memainkan feeling dimana sarang-sarang ikan berada.

9 Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menerapkan Teknik Long Casting

Baikalah berbicara long casting yang sering diinginkan oleh seorang castinger, maka perlu juga untuk sangat diperhatikan kapasitas tackle (pealatan ) yang digunakan. Jika kita memperhatikan baik pada reel, joran, senar, lure, maupun leader tentu ada hitungan angka yang cocok untuk dipergunakan. Sebagai sebuah contoh sebuah joran berkapasitas 6-12 Lbs untuk penggunaan senarnya dan lure yang cocok dituliskan 5-10 Gr. Maka dari data hitungan ini tentu saja pabrik pembuat joran tidak sembarang mencantumkan angka tersebut. Tentu setelah beberapa kali tes hingga dirasa cocok. Data tersebut pulalah yang mengatur idealnya senar yang digunakan adalah minimal 6 Lbs dan maksimal 12 Lbs. Begitu pula dengan Lure yang digunakan berkisar antara 5-10 Gr merupakan berat ideal untuk Joran tersebut. Jika menggunakan baik lure mapun senar di luar ketentuan tersebut bisa saja, namun tentu akan membuat tidak nyaman. Inilah yang menjadi salah satu faktor long casting. Beberapa Faktor berikut ini akan menjelaskan pengaruh long casting. 

1. Action Joran

Bisa anda bayangkan saat menarik karet gelang, semakin anda menarik lebih jauh makan ketika anda melepaskannya akan semakin jauh pula tembakan yang dihasilkan. Maka hal ini juga berlaku pada action joran yang kita gunakan. Semakin lentur sebuah joran semakin jauh pula lemparan yang dihasilkan oleh sebuah joran tentu juga dengan faktor-faktor di bawah.

Pada Joran yang memiliki action Heavy power jarak lemparan pada lure tidak akan begitu maksimal begitu pula  pada joran medium akan memiliki jarak lemparan lebih baik dibandingkan heavy begitu juga dengan low power akan lebih baik lemparannya dari medium. Link berikut ini akan menuntun anda untuk mengetahui karakteristik lebih jauh mengenai Joran. Mengenal Karakteristik Joran

2. Panjang Joran

Panjang Joran yang anda gunakan dapat mempengaruhi jarak lemparan. Jika anda tidak yakin silahkan untuk mencoba tes lemparan lure dengan bobot yang sama namun perbedaanya hanya pada panjang joran. Maka perbedaan lemparan tentu akan sangat terasa. Namun yang harus diperhatikan adalah spot dimana kita berada. Jika di spot yang penuh dengan pepohonan maka alternatif mungkin dapat menggunakan panjang 180-198 cm.

3. Ukuran Senar

Jika ukuran senar yang anda gunakan lebih kecil, maka lontara lure akan cukup jauh. Pada rata-rata lure diatas 5 gram akan sangat sensitif terhadap senar yang berukuran kecil. Sebaliknya jika ukuran senar besar, terutama senar braided maka membutuhkan tenaga lemparan yang lebih dibandingkan dengan ukuran senar braided kecil.

4. Material Senar

Material senar tak dapat dipungkiri akan sangat mempengaruhi line. Perbandingan saja jika anda menggunakan senar multifilament dengan monofilamen dengan ukuran kecil tentu akan sangat berbeda. Senar mono berukuran kecil akan memiliki daya lontaran yang lebih jauh dibandingkan Senar multifilament atau yang sering kita sebut dengan PE. Namun perbedaannya jelas pada kekuatan. Begitu juga dengan bahan Fluoro carbon berbeda dari kedua material tadi. Fluorocarbon yang lebih kecil memiliki jarak lemparan yang lebih pendek dibandingkan PE yang berukuran besar. Hal ini dikarenakan bahan material pembuatannya. Tautan ini akan menuntun anda mengetahui lebih jauh tentang berbagai macam senar/ Line. Mengenal Material dan Karakteristik Senar.

5. Berat Lure

Berat lure akan sangat mempengaruhi jarak lemparan saat anda ingin menerapkan Long casting. Jika anda ingin melakukan longcast dengan joran berkapasitas 8-17 Lbs maka disarankan untuk menggunakan Lure di atas 8 Gram. Begitu juga sebaliknya Lure dibawah 5 Gram disarankan menggunakan Joran 2-6 atau 2-4 Lbs agar lebih maksimal saat Long casting.

6. Bentuk Lure dan Ukuran

Bentuk dan ukuran lure juga menjadi faktor anda dalam menerapkan long casting. Sebuah lure pencil dengan action Walk The Dog akan lebih berpotensi dalam menerapkan long casting di bandingkan dengan sebuah Soft frog yang memiliki skirt. Mengapa demikian?, Sebuah lure WTD hanya memiliki kail baik treble maupun single hook bagian depan dan belakang, sehingga saat terlempar tidak ada tambahan lainnya yang mempengaruhi lontarannya. Bandingkan dengan Sebuah soft frog yang memiliki skirt dan juga blade akan sangat mempengaruhi terutama lontarannya yang bergerak dengan angin. 

7. Angin

Angin merupakan element penting agar kita dapat menerapkan longcasting. Pada saat angin sedang berhembus kencang, cobalah untuk melempar lure dengan mengikuti arah angin berhembus. Sebaliknya jika anda melawan arah angin maka long casting tak dapat diterapkan. Akan lebih baik lagi jika keadaan angin yang stabil.

8. Setingan Tension dan Braking khusus pada reel Baitcasting

Faktoor ini hanya berpengaruh pada reel Baitcasting. Jika anda menagatur angka Tension dan Braking pada angka 0 (Nol). Maka akan sangat berpengaruh pada jauhnya lemparan. Namun harus diingat bahwa dengan setingan tersebut seorang castinger harus memiliki feeling yang baik dan terbiasa, karena jika tidak tentu anda tidak ingin terganggu dengan perbaikan senar kusut saat casting sedang seruserunya. Alternatif lainnya adalah dengan mengupgrade bearing pada reel BC, namun tentu anda harus mengeluarkan kocek lagi.

9. Jarak antara Lure dengan ujung Joran

Jarak lure dengan tip (ujung joran) juga dapat mempengaruhi long casting. Cobalah untuk melempar lure dengan terlebih dahulu menahan lajunya lure pada 1/4 panjang joran sebelum melemparkan. Hal ini berguna agar tenaga lemparan dengan ujung joran dapat memaksimalkan lontaran lure.

9 Faktor diatas adalah faktor penting yang sering kita temui di lapangan. Mmenga pada prakteknya banyak faktor lain juga yang dapat mempengaruhi long casting. Sebenarnya jarak untuk long casting sendiri memang tidak baku ada yang memperkirakan 30 Meter ke atas sudah termasuk dalam long casting. Namun kembali lagi dengan pernyataan diatas bahwa Longcasting bukanlah faktor satu-satunya untuk dapat merasakan strike. Faktor spot dan feeling akan saang ikan juga sangat menentukan. Silahkan berbagi pengalaman mancing melalui email yang telah tersedia. Pengalaman anda akan sangat berguna bagi teman-teman angler lainnya. mancingarena.com

0 comments:

Post a Comment